Friday, June 10, 2011

Why them?

Setelah sebelumnya saya publish beberapa vendor yang sudah deal untuk acara pernikahan saya nanti, disini saya akan jelaskan alasan-alasan pemilihan vendor-vendor tersebut. Kan barangkali teman-temin ada yang tertarik mau pake vendor itu tapi masih meraba-raba, mungkin bisa lebih ada gambaran setelah baca ini kaan :)
Let's start!



On WO: Bunga Wedding
Saya dan Ibu Suri memang sudah sepakat dari duluuu bahwa kita akan menggunakan jasa wedding planner dan organizer (yang dari nol banget) untuk persiapan pernikahan. Alasannya, tentu saja biar ga repot2 amat, mengingat saya dan mama sama-sama kerja, dan juga kita ga banyak keluarga yang bisa dimintain tolong untuk ribet-ribet ngurusin. Plus, saya yakin sih kalo sama keluarga agak susah ngaturnya, kalo jasa profesional kan mereka yang ngikutin kemauan kita.
Syarat Wedding Planner dan Orgy buat saya adalah, tentu saja yang performancenya baik ya, tapi yang tidak kalah penting adalah yang saya ngerasa cocok. Yah bayangin aja kita kan bakal bareng setahun, kalau orangnya ga ngenakin kan kita juga jadi males mau ngurusin ini-itu. Syarat terakhir yang tidak kalah penting tentu saja: AFFORDABLE hehehehe.
Saya sudah sempat survey-survey sampai akhirnya ditemukan lah 3 kandidat. Dari segi rate-nya, Bunga Wedding ini ada di tengah-tengah, tapi ga terlalu signifikan bedanya sama yang di atasnya. Awal Maret saya sudah sempet menghubungi Mba Bunga (owner Bunga WO) per telfon. Sempet juga ngobrol-ngobrol tentang gambaran kerjanya dll. Disitu saya ngerasa cukup enak ngobrol sama Mba Bunga ini. Tanya kanan-kiri dan lihat dari review juga performancenya OK. Pada waktu Bidakara Wedding Expo (pertengahan Maret), rencana saya memang membandingkan ketiga vendor WO tersebut. Respon kandidat 1 (yang paling mahal) agak kurang bersahabat, jadi males deh ngelanjutinnya. Kandidat 2: Bunga Wedding ini pas ngobrol-ngobrol bareng Ibu Suri juga enaak ternyata. Yang menemui kita adalah Mba Bunga dan Mas Aldi (suaminya). Jadi yaudah deh, diputuskan saja deal sama mereka. Plus, kalau lagi pameran kan banyak bonusnya. Yang tadinya untuk full prep itu rate-nya 5% dari total biaya (min.20juta), untuk kita dikasih tarif flat. Lumayaan banget kan. Plus, untuk hari tambahannya (karena akad pisah hari, plus ada siraman+midodareni), di-korting 50% dari tarif aslinya. Lumayan bangeet lah pokoknya.
Mari kita bekerja sama dengan baik ya Mba Bunga dan Mas Aldi. Mudah-mudahan ga nyesel yah, setelah tau kliennya super cerewet seperti ini :D


On the Venue : Birawa Assembly Hall, Bidakara
Kriteria kami dalam pemilihan venue adalah : lokasi strategis, tidak terlalu besar (jumlah tamu sekitar 1500orang), gedungnya bagus, dan berkarpet.
Melihat kriteria itu, tentu saja sudah banyak gedung-gedung yang biasa dipakai pernikahan dicoret dari list (PTIK, PAG, BalSud, gedung-gedung di TMII, dll karena tidak berkarpet).

Yang masuk kriteria saya adalah: Menara 165, Balai Kartini, Bidakara.
Menara 165: ditolak mentah-mentah sama Ibu Suri dan Ayahanda. Kata Ibu Suri lokasi tidak strategis, kata Ayahanda itu biasanya tempat buat wisudaan (which is sotoooy, mentang-mentang saya dulu wisuda disana dikiranya itu tempat wisudaaan).
Balai Kartini: three of us agreed on this place. Dari segi kapasitas pas lah, ga sempit dan ga terlalu besar. Kekurangannya adalah disana harus pake in-house catering, yang sebenarnya gapapa sih krn rasanya enak kok (udah sempet test food segala cuy!). Tapi memang sih dekor cateringnya super minim, food stall-nya ga didekor cantik gitu. Jadilah kita sudah hampir yakin akan pake venue ini. Sampaaiii ketika kita bertiga survey ke kandidat venue ketiga.....
Birawa Assembly Hall, Bidakara: Dari awal udah ga sreg sama ini, gara-gara regulasinya yang melarang pake catering luar di hari Sabtu. Padahal kan saya selalu ingin menikah Sabtu malam. Karena saya ga suka nikahan siang, plus kalo Minggu malam itu repot mengingat keluarga banyak yang di luar kota.
Jadi sebenarnya dateng kesini cuman buat iseng-iseng aja pengen liat-liat. Karena hati kan sudah memutuskan Balai Kartini. Tapii, sayangnya pas kesana kita ngelihat ke Birawa yang udah hampir jadi untuk acara resepsi malem, hwaaa kita bertiga tersepona, baguus sekaliii. Kita sebenernya suka sama dekorasi cateringnya sih, yang ternyata adalah Akasya. Cantik banget dekor cateringnya. Dekor gedungnya juga baguuus (belakangan kita tau harganya muahiiil tenan). Jadilah misuh-misuh sendiri dilema tingkat tinggi. Di satu sisi pengen Sabtu malem, di satu sisi pengen pake Akasya.

Akhirnya, setelah pergolakan panjang (seminggu-an), diputuskan lah akan resepsi di Birawa dan Minggu siang. Baiklah CPP mengalah deh, dengan syarat: dekornya harus seperti nikahan malam.
Yak, PR buat dekorator, dan Ayahanda yang harus membayar dekor lebih mahal karena permintaan khusus ini :)

On Caterer: Akasya Catering
No wonder lah ya untuk yang satu ini. Mengingat dalam kasus saya, Birawa dipilih karena mau pake Akasya. Selain itu juga Akasya ini dari segi rasa udah ga perlu diragukan lagi lah, sudah terkenal dari dulu kala kalo rasanya enak. Plus, penampilannya juga cantiik. Dan lagi sebenernya ini adalah veto dari Ibu Suri, untuk yang satu ini beliau tidak mau diganggu gugat. Yasudahlah mami, aku manut waee, wong enak juga toh sing penting :D


On Make-Up: Puri Kamaratih
Saya "kenal" nama ini sudah sejak lama, karena keseringan buka-buka wedding blog para CPP. Yak, aktivitas ini sudah saya lakukan sejak 2009 (setelah diajak nikah), meskipun nikahnya masih lamaaa. Tapi selalu seneng aja baca-baca persiapan orang-orang. Nah wedding blog yang rutin saya buka itu adalah blog-nya Mba Anggi, karena dia penulisannya enak banget, sangat detail, dan kebetulan adat Jawa juga :p
Dari sinilah saya tau tentang Tante Kiky Kamaratih, yang menurut ceritanya Mba Anggi sih okee banget lah. Trus saya juga lihat-lihat review orang-orang memang sih mereka semua rata-rata puas sama hasil riasan Tante Kiky ini. Ya sudahlah akhirnya saya dan mama janjian sama Tante Kiky ke rumahnya. Ternyata pas ketemu ya memang beliau itu njawani banget, sampe saya bingung ngomongnya soalnya jowone aluuus tenan, aku bingung arep ngomong opo hehehe. Long story short, saya cocok aja sama Tante Kiky ini. Karena kalo perias kan emang harus yang "adem" yah, jadi nanti bisa menenangkan disaat sedang grogi detik-detik menuju pernikahan. Hasil rias dan paes-an pun oke. Ibu Suri pun seneeeeeeng banget sama Tante Kiky ini. Jadi yauwislah, diputuskan untuk pake jasa Puri Kamaratih, tanpa membanding-bandingkan vendor lain.
Bismillah!!! Tante Kiky, nanti bikin aku jadi cuantiiiiik lho yaa pokoknyaa hehehehe...

1 comment: