Tuesday, February 28, 2012

K.U.A

Saya udah sempet underestimate nih tentang KUA karena saya mikirnya ini pasti super ribet, malesin, endebre endebre. Ternyata: TIDAK!
Silahkan disimak proses pengurusannya bagi yang sedang mulai persiapan-persiapan, semoga membantu :)

Mulai diurus itu adalah sekitar pertengahan Januari. Idealnya itu sekitar 3bulan-an sebelum acara lah ya, biar ga terlalu mepet banget.
  1. Minta surat pengantar dari RT & RW, untuk ke Kelurahan. Disini cuman dibutuhkan KTP dan KK aja, sama ttd Ayah selaku wali. -- ini beres dalam sehari, Pak RT di rumahku baik banget, beliau yang mintain ke RW segala macem. Dan tentunya ga ada biaya apa-apa lah ya.
  2. Kelurahan. Masukin berkas-berkas tadi ke kelurahan, untuk dapet surat pengantar ke KUA. Ini mamaku yang urus, karena kebetulan ibu suri juga sekalian perpanjang KTP yang sudah expired. Prosesnya cepet, mungkin cuman sekitar 15-20 menit, mereka bikin beberapa copy untuk mereka, untuk KUA, dan untuk kita. Kalo ga salah ada biaya administrasi berapaa gitu, tapi sama Ibu Suri dikasih 50ribu, karena pelayanannya juga cepet.
  3. KUA. Ini yang ngurusin tetangga rumah (ibu-ibu) yang emang ngotot mau bantuin. Padahal tadinya kita mau suruhan orang aja, tapi beliau ngotot pengen bantuin urusin karena juga memang sudah pensiunan sih. Nah, masukin berkas-berkas ke KUA, isi beberapa data, seperti tanggal nikah dll, lalu dikasih beberapa form kosong (nah ini yang N-1 dll itu) yang harus diisi oleh CPP dan CPW. Nantinya disuruh balikin form-form tersebut, barengan sama foto 2x3 4 lembar, dan juga surat pengantar numpang nikah dari KUA dan kelurahan setempat calon suami. -- ini yang lama karena CPW males isi form dan males foto hahaha. Oiya, tanpa duit!
  4. Paralel dengan pengurusan di kelurahan dan KUA setempat CPW, si CPP juga melakukan hal yang sama: minta surat pengantar ke RT, RW, Kelurahan, dan KUA setempat, sampe dapet surat dari KUA setempat ke KUA Pesanggarahan - Bintaro (tempat CPW) yah intinya sih numpang nikah, gitu kali yah. Prosesnya juga cepet karena sepertinya CPP menggunakan uang pelicin (biar ga ribet), semuanya sekitar 3 hari.
  5. Selang hampir 2minggu (setelah dirusuhin semua orang), dikembalikan lah form-form yang sudah diisi itu, beserta foto CPP dan CPW, ke KUA Pesanggrahan, alias tempat si CPW. Terus yah, udah deh. Gitu doang!! Eh, orang KUA-nya sih bilang ke Tante tetangga yang baik hati gitu, kapan  mau penyuluhan dsb. Tapi Tante bilang kalo ini kan dua2nya kerja, jadi repot atur waktunya, kalo bisa janjian aja pas weekend. Dan dia setuju!
  6. Langkah berikutnya adalah sms-an sama Pak Penghulu buat ketemuan di rumah di suatu Minggu buat penyuluhan. Karena kan memang ini salah satu prasyarat on paper gitu ya, jadi memang harus dilaksanakan. Beliau dateng ke rumah, cuman ngobrol-ngobrol sebentar ditanya umur berapa, pacaran berapa lama, dsb dsb. Plus dikasih sedikit wejangan-wejangan, trus udah deh gitu doang. Oiya, pas pulang sih di-amplop-in sama CPP, yah dia ga minta sama sekali sih, tapi kan ya tau diri aja lah biar beliau juga kooperatif di hari H nanti. Jangan sampe deh telat dateng, bisa kacau beliau kan nanti kalo acara akad belum bisa dimulai karena penghulu belum dateng.
So far itu-lah tahapan-tahapannya. Kalo dari pengalaman saya sih alhamdulillah banget, gak repot. Gak tau juga deh kalo ternyata emang kayak gini yang lain-lainnya, tapi yang jelas tadinya di bayangan saya itu pengurusannya bakal super ribet. Eh tapi ternyata enggak. Senang :)

1 comment:

  1. waw, postingannya sangat membantu, thanks sis, salam kenal...

    ReplyDelete