Tuesday, April 29, 2014

Bla bla bla about pregnancy

Ceritanya kan saya berniat untuk menjadikan blog ini lengkap mulai dari persiapan nikah - review acara nikahan (oke ini blom grrrr) - hamil - lahiran - cerita anak - dst dst, nah jadi meskipun udah lewat bangeeet tapi sekarang saya akan cerita tentang pengalaman selama hamil deh. Well, sebenernya ga "seru" sih tapi ya gapapa dong yaaaa...

Jadi saya tau hamil itu tanggal 12 Mei, 2 bulan setelah nikah. Rencana mulia hari itu mau AYCE Poke Sushi sama adekku, ceritanya mau makan salmon salad (baca : sashimi dimayonaisin) serakus2nya. Ehh ternyata (alhamdulillahhhh) hamil, jadi batal deh. Dan BHAY sashimi for the next 9.5months, sungguh berat untuk seorang pecinta sashimi sepertiku.

OK, so how's 1st trimester going?
Surprisingly veryyyyyyyyyy smooth!!!!! Oh cuman ada sedikit gangguan sih yaitu pas baru testpack banget kok keputihan luar binasa super duper gateeel di kantor sampe ga konsen karena sibuk garuk-garuk (ups, maaf). Sisanya kayak ga hamil blaaaaas. Ada sedikit perbedaan yaitu jadi gampang ngantuk. Kalo biasanya tidur malem jam 11an, eh pas trimester pertama jam 9 malem udah ngantuk super. Jadi udah tidur pules deh. Kalo sehari-hari pulang kantor suka mampir PIM dulu, pas trimester 1 ini jaraaang banget deh karena malas, kan mau cepet-cepet bobo.
Oya, nafsu makan bagaimana? SADIS!!! Memalukan deh pokoknya, ibu hamil sama kuli bangunan beda tipis. Beginilah sekiranya menu makan saya selama hamil (dan menyusui.....)



Pagi (jam 7) : nasi plus lauk pauk lengkap (porsi besar)
Sampe kantor : juice jeruk + juice pepaya + buah2an (apel, kiwi, pear, pepaya)
Jam 10 : nasi + lauk pauk lagi (setengah porsi pagi, tapi ini sih 1 porsi wanita deh)
Jam 12 : makan siang tentunya makan besar
Jam 3 or 4 : nasi + lauk pauk lagi / delivery apaa gitu biasanya
Jam 7 : makan malam

Yah begitulah sekiranya gambaran kerakusan saya. Emang Allah adil yaa, orang gemuk dibikin tetap(dan semakin gemuk) dengan tidak lost appetite sama sekali huhuhu. Etapi hamdallah bangeeeet sih bisa sehat begini, ga kebayang ajaaa saya yang orangnya tukang ngeluh gini kalo dikasih ga enak pasti isinya marah2 muluk.

Trimester 2 juga dilalui dengan biasa-biasa saja (ga seru deh ceritanya). Kita sempet ke Malang dan Surabaya buat mudik pas Lebaran (sebenernya udah ga ada Eyang juga, baru meninggal bulan April-nya, tapi kita emang udah sepakat ini mudik terakhir. Nanti-nanti ke Malangnya ya ga usah pas Lebaran). Alhamdulillah sehat-sehat aja sih selama perjalanan juga ga ada berasa goncangan2 gimana gitu. Seminggu deh itu perginya, ke Malang - Surabaya - lanjut ke Bandung jatah mertuir.
Nah selama hamil ni banyak banget yang ngira baby dalam perut ini cowo. Mitosnya kan kalo pas hamil jelek berarti anaknya cowo yaaa. Emang sih pas hamil itu ke kantor baju udah ngasal deh ya kan pake yg gede2 gitu plus juga lebih parah ga bedakan sama sekali (on daily basis cuman bedak plus lipbalm aja, pas hamil bahkan ga bedakan). Tapi kalo orang kantor sih bilangnya bukan karena jelek, tapi karena ibunya kok energik banget jadi anaknya pasti cowo nih. Trus pas di Surabaya bude-tante juga pada bilang anaknya cowo karena perutnya "mancung". Kalau katanya yang paling tau itu pasti ibunya sendiri karena naluri ibu itu pasti bener dll dll dll, yah gak terbukti sama saya. Entah kenapa udah yakin anaknya bakal baby boy, jadi pulang dr Bandung sambil nunggu dokter saya sudah browsing2 h&m baby boy deh eh lucuk2 juga yaa ternyata. Baiklah sudah liat kira2 mana aja yang mau dibeli. Naluri ibu nih ceritanya, feeling kalo anaknya cowo.
Masuk ruang dokter, USG 20minggu, dan dr Fitriyadi bilang, cewe nih bu keliatannya, yah baru 80% deh karena belum begitu jelas posisinya. LHO??? Manaaa naluri ibu mana mana manaaaaaaa

Anyway 2 minggu setelah itu saya diare hebat, dan kembali ke dokter lagi, and yes he confirmed, we're having a baby girl karenaaa katanya ada burgernya keliatan. 300% yakin! Yess confirm juga BHAY naluri ibu salah besaaar tapi senang sekalii karena punya anak cewe.
Oh dan ternyata tidur kebo hanya berlaku di trimester 1 karena mulai 5 bulan udah kembali bobo jam 11, dan udah hobby lagi jalan2 ke mall. 

Memasuki trimester 3, berbarengan dengan budgeting period di kantor. Alhamdulillah sibuknya amit2, pulang selalu diatas jam 8. Dan heran deeeh sama teman-teman yaa (bukan orang kantor), mereka bilangnya "aduh kok ga kasian sih sama bayinya diajak lembur sampe jam segini" and yada yada yadaa. Sabtu pun beberapa kali masuk pas lagi super hectic. Ya gimana ya yang namanya budgeting period plus baru ditinggal manager itu sibuknya ekstra banget. Colleague indihe gue sih yang sebenernya jauh jauh lebih sibuk. Dia selama 3 minggu tidur jam 2 bangun jam 5, and that's it. Dan sebagai ibu hamil pasti lah gue memprioritaskan baby yaa, jadi kita tau sendiri deh limit badan kita. Suka gerah aja denger komen orang2 meskipun pasti maksudnya baik hihihi.

Oiya memasuki 7bulan sempet jalan-jalan sebentar banget (3hari) ke Singapore, pas Idul Adha. Dan emang sengaja dipas2-in 28minggu sih biar udah bisa belanja. Jadi di Spore belanjanya bukan untuk diri sendiri, tapi beli2 baju yang lucuk2 dehhh.

Budgeting submission itu selesai di tanggal 13 Desember, kemudian ada presentasi besar tanggal 15 Desember yang bertepatan dengan hamil 36weeks hahaha. Alhamdulillah enak banget lho presentasi lagi hamil besar. Kalo kita ga bagus pasti dimaklumi, kalo kita standar aja pasti juga dianggep oke banget. Hihihi I knoww, I love double standard!! Setelah itu sempet semingguan gabut di kantor, dan akhirnya ambil cuti pas 37w.

Pas Natal masih sempet ke Bandung semalem, gak kemana2 pun cuman ngedekem di Luxton aja. Bukan karena capek, tapi pas ngeliat keluar kok macet dan hujan, jadi malas deh. Abis itu baru deh mulai senam hamil ada lah sekitar 5 kali sampe brojol. Trus udah sempet banget ngukur mall, hampir tiap hari jalan2 ke mall dari jam 12 siang sampe jam 8 malem hahaha. Setiap hari janjian lunch di Citos sama sahabatku yang kerja di Ratu Prabu. Oiyaaa 10 hari sebelom lahiran udah dapet suster, alhamdulillah susternya rajin selama belom ada baby udah gatel ga bisa diem dari mulai bersihin kamar baby total (emang ini kerjaan dia), vacuum-in sofa2 di rumah, sampeeee...nyapu halaman!!

Kontrol terakhir tanggal 12 Januari, berat bayi menunjukkan 3220gram dan kepala belom masuk jalan lahir. Usaha yang sudah dilakukan selama di rumah adalahh main gymball tak henti2, jalan banyak ( di mall), sampee jalan jongkok sampe si suster deg2an liat ada ibu gembrot ngesot2. Besokannya masih sempet bikin maternity pics ala-ala difotoin pak suamik, pake kemben doang di depan teras. Belakangan baru ngeh rumah sebrang lagi dibangun dan banyak tukang-tukang. Yassalaaaaam......
Dan ini lah fotonyaaaa...



I'm ready for you, babygirl. And oh hello, stretchmarks!!
Dan dua hari kemudian, keluar lah malaikat kecil dari dalem situ................................






No comments:

Post a Comment