Thursday, July 28, 2011

Kebaya, Kebaya, Kebaya.... (part 1)

Sebagai seorang CPW, tentunya banyak sekali akan membutuhkan kebaya dalam rangkaian acara mulai dari lamaran sampai resepsi. Urusan kebaya yang kesannya kecil ini, ternyata juga cukup membuat pusing dan menghabiskan duit yang tidak sedikit tentunya. Kenapa? Karena CPW labil akut, kadang-kadang pengen pake kebaya yang murah meriah aja, kali lainnya pengennya kebaya yang baguus. Nah lho, pusing kan?
Mari kita list kebutuhan kebaya CPW :

  • Kebaya Resepsi  
Untuk kebaya resepsi ini dari sejak dulu saya pengen pake kebaya item bludru. Ga tau gimana asal muasalnya, tapi seneng aja ngebayangin di pelaminan pake baju itu, kayaknya Jawa banget gitu. Oleh sebab itu-lah mata saya ini jadi jeli kalo melihat kebaya-kebaya bludru, karena fokusnya kan cari kebaya bludru. Alternatifnya tentu saja kalo gak sewa (perdana) ya jahit sendiri. Sebenernya kalo dipikir-pikir emang mendingan sewa sih, karena ngapain juga kan nyimpen kebaya gituan, gak mungkin dipake lagi juga. Tapi kok sepertinya belom pernah nemu yang oke buat sewa, jadi fokusnya di bikin aja. Kandidat tempat jahit kebaya bludru:
- Poppy Karim Couture
- Lace Butik
- Martha Tilaar
Itu yang rencananya akan disurvey oleh kami waktu itu. Tapi ternyata yang buka hari Minggu cuman Poppy Karim. Martha Tilaar sebenernya buka, tapi karena siang itu mau ada event jadi dia hanya sampai jam 11. Sedangkan Lace Butik tutup hari Minggu. Workshopnya Poppy Karim ini di rumah baru-nya di daerah Fatmawati. Pertama kali masuk, wawww naksiiir banget sama kebaya brokatnya. Aduhhh baguuus banget banget banget. Meskipun harganya juga ga kalah cantik sama kebayanya, plus designernya. Tapi ya sudahlah ya toh fokusnya memang bukan kebaya brokat (meskipun saat itu saya seketika jadi labil sih, pengen brokaat kalo emang hasilnya cantik sekali seperti itu). Tapi Mba Poppy sendiri yang bilang kalo emang udah pernah pengen pake kebaya bludru, dan temanya juga Jawa banget, ya mendingan kebaya bludru aja karena cocok banget nantinya. Ih seneng deh, ga matre yaaah. Padahal harga kebaya+beskap sulam gim sepasang itu sama dengan harga 1 kebaya brokat. Rencananya hari itu cuman mau lihat-lihat dulu, akan diputuskan setelah survey ke 3 tempat. Tapi dasar Ibu Suri emang ga bisa nolak kalo ngeliat yang bagus-bagus begitu, jadi beliau memutuskan bikin disitu aja ga usah survey-survey ke 2 tempat lainnya lagi.
Plus, diputuskan juga orang tua kedua belah pihak akan pake bludru juga, karena biar bagus di pelaminan kalo bahannya sama. Tapi tentunya ga pake sulam gim juga. Jadi nanti kebaya Ibu - Ibu akan jahit di Mba Poppy, sedangkan beskap Bapak - Bapak beli bahannya aja yang di Mba Poppy, tapi jahitinnya di tempat jahit beskap (Mba Poppy sih saranin: Sundjojo). Legaa deh udah dapet tempat jahit kebaya, mana ini kan emang keinginan saya dari dulu, tapi agak ragu karena kemahalan. 
Oiya, saya baru denger Poppy Karim Couture ini karena saya baca wedding review di weddingku, dan saya suka sekali sama kebaya sulam gim-nya yang dipake. Mau tau penampakannya? Ini dia:
Mba Adriana, aku pinjem yah gambarnyaa :)

Kebaya sulam gim by Poppy Karim Couture
all pictures are courtesy of weddingku.com

Poppy Karim Couture
Jl. Nangka IV, Nangka Buntu No. 22 A
Cipete, Jakarta Selatan
Telepon: 021-7221695
Email : poppykarim@gmail.com
  • Kebaya Akad 
Nah ini dia PR selanjutnya, tentang kebaya akad. Masih dilema juga nih mau sewa perdana atau mau jahitin aja yah? Sebenernya sih lebih pengen sewa perdana, jadi meskipun mahal dan kebaya-nya bukan hak milik ga masalah, buat apa juga, toh kebaya resepsi sudah hak milik. Tapi ternyata sewa perdana kok mahal banget yah? Kemaren sempet nanya ke Martha Tilaar, kalo sewa perdana disana untuk kebaya akad selutut start 9.5 juta aja!! Plus, itu masih standar loh. Gilaa gak tuh. Makanya ini jadi bingung deh, apa mendingan bikin aja tapi yang sesuai budget tentunya. Tapi kok mau cari yang bagus dan sesuai budget itu susah sih?
So far, yang terlintas di pikiran tempat untuk bikin kebaya akad adalah:
  1. Lace Butik: Jalan Saraswati Ujung No. 7, Cipete. Telp. 021-7200429 / 021-92871720
  2. Yasra Studio: Jalan Danau Matana DII/7, Bend Hilir. Telp. 021-5736734
  3. Roemah Djahit by Weinalea Dirgandini, silahkan klik disini (sepertinya ini dulu jadi satu sama Lace deh, trus pecah yang satu ganti Lace, satunya tetep pake Roemah Djahit)
  4. Sewa perdana entah dimana belom kebayang.....
Mau cek dulu ke Yasra deh. Lace ada yang aku suka sih, tapi harganya agak sedikit over budget. Siapa tau aja di Yasra lumayan cocok kan mendingan jahit di Yasra. Nah kalo Roemah Djahit itu cukup oke sih, plus harganya murah pulaa. Tapiii, workshopnya di Depok huhuhuhu ga sanggup deh aku kalo setiap fitting harus ke Depok. Belom lagi printilan lainnya ga kalah banyaknya kaan. Sebenernya kalo dari lokasi sih aku prefer Lace, karena masih sekitaran Cipete gitu. Pas lah, Mbak Poppy rumahnya juga di Fatmawati situ, jadi bisa sekalian. Well, lets see deh.
Oiya, kalau untuk beskap CPP sih kita sewa perdana ajaa. Tempatnya dimana, belum dipikirkan lagi. Kalo sekalian sama sewa beskap seragam gitu bisa gak sih ya? Atau mungkin nanti tanya ke Tante Kiky deh, lihat2 koleksi beskapnya dia, siapa tau ada yang oke, mendingan sewa perdana di Tante Kiky.

Update:
Setelah kemaren ke Mba Teeas Rubismo (untuk bikin kebaya lamaran), sempet discuss tentang keinginanku perihal kebaya akad. Kebetulan waktu itu bawa bahan kebaya Ibu Suri yang belum tau mau dibikin apa dan ternyata ada 3.25m sajaa, jadilah mendapat ide untuk kebaya akad yang aku ngotot ga pengen putih / off white polos gitu. Rencananya, warna dasarnya cream / khaki, trus pake aplikasi dari bahan brokatnya si Ibu Suri yang bernuansa hijau-gold itu. Ciamik lah pokoknya. Apakah akan jahit di Mba Teeas? Belum tahu. :)
  • Kebaya Midodareni
  • Kebaya Suapan Terakhir
  • Kebaya Siraman
  • Baju Pengajian
  • Kebaya Lamaran
 ...to be continued

9 comments:

  1. Hai Ninta, thanks info2 nya membantu banget :)

    Aku suka banget kebaya beludru nya Poppy karim, udah cari2 di Bandung tapi belum dapet, thanks to your blog akhirnya ktemu info..

    Kalo boleh tau, harga kebaya beludru nya berapa ya? hehehe takut pingsan kalo langsung tanya kesana..

    ReplyDelete
  2. Boleh minta emailnya aja? Biar aku email harganya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba ninta boleh minta infonya klo jahit kebaya beludru harganya brp? Bisa dikirim
      Via email ke pratiwi.k305@gmail.com

      Delete
  3. kyaaaaa thank youuuuu

    anggiagea@yahoo.com

    btw, kalo kebaya akad jadinya pake apa?
    itu yang dipake dian sastro bukan siih??
    pake ban merah gitu namanya apa yah??

    ReplyDelete
  4. Ban merahnya aku ga tau, mgkn itu pakeman adat kali yah. Aku sih maksudnya kebayanya aja, gak pake ban merahnya gitu. Kebaya akad belom memutuskan nih, targetnya akhir Okt harus udah dapet tempat jahit. Oke, aku email ya :)

    ReplyDelete
  5. Mbak Ninta, aku mau tanya ya. Yg mbak maksud harga 1 kebaya beludru+beskap = 1 kebaya brokat itu utk sama2 jahit di poppy karim ya? Boleh minta perbandingan dua-duanya gak mbak? Emailku mita.yuwono@gmail.com

    Thanks bgt ya mbak, infonya membantu bgt :)

    ReplyDelete
  6. Dear Ninta, boleh tau ngga biaya jahit kebaya bludru di Poppy Karim itu berapa? Lalu masih punya contact number-nya Bu Mamie Hardo ngga? emailku: ini_anindita@yahoo.com. Thanks a lot ya.

    ReplyDelete
  7. Mba, aku lagi googling soal kebaya beludru item nemunya blog mu hahaha. Membantu banget. Makasih yaa

    ReplyDelete
  8. mbak...boleh minta info...aku lagi cari penjahit yang khusus bikin gown dari full beludru...bisa ke emailku di irianiku@gmail.com

    ReplyDelete